Mitos Awal Usaha yang Menghambat Perkembangan Bisnis – Banyak hal yang harus dilakukan ketika memulai usaha. Mulai memikirkan ide awal, membuka, memperkenalkan dan mempromosikan usaha tersebut. Tidak jarang, hal ini menyebabkan pebisnis layu sebelum berkembang.

Tujuan awal usaha biasanya telah tercantum dalam visi dan misi perusahaan. Namun tanpa disadari, pelaku usaha itu sendiri yang tidak konsen terhadap apa yang menjadi tujuan awalnya.

Tidak hanya itu, ditambah banyak mitos-mitos awal usaha yang sering terjadi, yang malah bikin terhambat dalam menjalankan bisnis kita.

Mitos-mitos seperti apa yang biasanya muncul ketika awal usaha?

Legalitas Usaha

Banyak yang mengatakan bahwa legalitas usaha diadakan jika usaha sudah besar. Padahal pola pikir ini sangat tidak tepat. Legalitas usaha penting dibuat di awal usaha karena memberikan berbagai benefit bagi usaha.

Benefit pertama yang diterima ketika sudah mengurus legalitas usaha adalah adanya perlindungan hukum. Hal ini penting dimiliki sebuah bisnis untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Terlepas dari perlindungan hukum, keinginan memiliki keuntungan yang terus meningkat dan  konsumen yang terus bertambah menjadi salah satu harapan semua pelaku usaha. Dan ketika hal ini terjadi, kalian tentu ingin melakukan ekspansi bisnis dengan membuka cabang baru untuk menjangkau pelanggan lebih luas.

Di sinilah modal menjadi salah satu hal penting yang kalian butuhkan ketika ingin mengembangkan bisnis ke skala yang lebih besar. Dengan adanya legalitas perusahaan, benefit kedua adalah kemudahan akses untuk mendapatkan pinjaman modal usaha menjadi lebih mudah, baik mengajukan pinjaman lewat bank atau mendapatkan modal dari investor baru yang nantinya akan menjadi pemegang saham di perusahaan.

Selain itu, benefit lainnya adalah meningkatkan kredibilitas bisnis di mata konsumen, rekan bisnis, supplier, investor, bank, dan sebagainya. Di mana, dengan adanya legalitas perusahaan yang jelas, bisnis kalian akan semakin dipercaya dan dianggap lebih profesional, sehingga target konsumen tidak ragu lagi memilih produk atau jasa yang ditawarkan.

Hal ini tentu juga berpengaruh pada omzet penjualan usaha kalian bukan?

Dengan kredibilitas tinggi, tentu akan lebih mudah dalam mendapatkan beberapa proyek. Karena legalitas perusahaanlah yang menjadi salah satu syarat ketika perusahaan kalian ingin mengikuti tender atau proyek, baik dari perusahaan swasta maupun pemerintah.

Benefit terakhir, mendirikan badan hukum sebagai bagian dari legalitas perusahaan, kalian tidak perlu khawatir aset pribadi akan terpakai untuk membayar utang ketika perusahaan bangkrut dan mengalami kerugian, maupun  jika perusahaan kalian tidak mampu membayar utang kepada kreditor.

Perlindungan aset pribadi jika perusahaan dalam bentuk badan hukum seperti perseroan terbatas (PT). Karena PT merupakan suatu entitas terpisah yang memiliki liabilitas dan asetnya sendiri serta dapat bertindak atas namanya sendiri layaknya manusia.

Baca Juga: Layanan Pendirian Badan Usaha dan Badan Hukum

Lapor dan Bayar Pajak

Mitos awal usaha lainnya adalah membayar pajak jika keuntungan bisnis sudah besar. Padahal faktanya adalah lapor dan bayar pajak melekat pada setiap wajib pajak, sehingga sangat penting pelaporan pajak sejak awal mulai usaha.

Manfaatnya pertama yang diperoleh ketika lapor dan bayar pajak adalah mempermudah urusan administrasi. Karena saat ini hampir semua urusan administrasi harus menggunakan NPWP. Sehingga dengan memiliki NPWP dan membayar pajak, akan lebih mudah untuk urusan administrasi usaha.

Secara tidak langsung, membayar pajak juga dapat membuat perencanaan keuangan usaha yang baik. Banyak terjadi perusahaan bangkrut karena tidak dapat mengelola keuangan.

Baca Juga: Kewajiban Perusahaan di Akhir Tahun

Jadi, hindari kemungkinan bangkrut yang dikarenakan pengelolaan keuangannya. Salah satu caranya yaitu dengan lapor dan bayar pajak usaha yang kalian dirikan, yang nantinya secara otomatis akan dituntut untuk mengatur kas keuangan usaha.

Mempunyai Tim Legal

Salah satu penyebab banyaknya bisnis yang mengalami kegagalan di awal usaha dan pada akhirnya tidak berkembang adalah kurangnya pengetahuan mengenai legalitas bisnis. Sejauh ini mitos awal usahayang berkembang di kalangan pengusaha adalah pengadaan tim legal ketika usaha sudah banyak masalah.

Padahal, perusahaan harusnya mempersiapkan tim legal di awal usaha. Karena tindakan preventif atau antisipasi dari awal lebih baik daripada ketika sudah terjadi.

Tim legal merupakan salah satu hal yang penting dalam perusahaan. Sebab tim legal dibutuhkan guna mendorong peningkatan performa, kenaikan nilai perusahaan, serta menjaga keamanan perusahaan baik secara internal maupun eksternal.

Ini sangat bermanfaat untuk menjaga usaha kalian dari masalah-masalah yang mungkin terjadi di kemudian hari.

Itulah beberapa mitos-mitos di awal usaha yang sering terdengar di kalangan pemilik bisnis. Untuk menghindari hal-hal di atas, ada baiknya Anda mulai dengan mengurus legalitas bisnis Anda. TanyaTyaz dapat membantu Anda menyelesaikan segala permasalahan hukum yang Anda alami dalam bisnis. Jadi tunggu apalagi? Urus segala kebutuhan legalitas perusahaan Anda sekarang juga di TanyaTyaz.

Author: Adi Ariy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here